KPUD : Jelang Pilkada, Kota Malang Masih Adem Ayem, Ada Apa?


FOKUSMALANG - Tinggal menghitung bulan Kota Malang akan memasuki salah satu fase penting bagi sebuah daerah dan warga nya. Apalagi kalau bukan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), yang rencana dihelat pada Bulan Juni/Juli 2018 mendatang untuk pencoblosannya. Uniknya, hingga saat ini nuansa pemilihan dan spirit bakal calon masih “adem ayem” hingga detik ini.
Hal ini juga disadari oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Malang. Menurut salah satu anggota nya dari divisi Sosialisasi, Ashari Husen, memang hingga saat ini “greget” pilkada seperti tidak terasa. Dalam analisa Ashari, ada dua hal besar yang melandasi hal tersebut.
“Hal pertama yang membuat suasana pilkada di Kota Malang ini masih adem, adem saja adalah karena perhatian masyarakat sendiri saat ini masih tersedot pilkada di Ibu Kota DKI Jakarta, yang gaungnya bikin heboh se Indonesia Raya. Yang kedua adalah, karena semua parpol saat ini sangat berhati –hati dalam melangkah dan mencari pasangan koalisi. Karena tercatat hanya PDIP yang bisa mengajukan calon sendiri tanpa harus menggandeng partai lain,” jelasnya.
Sebagai langkah awal, pria yang juga pengurus di KONI Kota Malang ini menjelaskan dalam waktu dekat KPUD akan melakukan sosialisasi ke berbagai elemen dan sektor di Kota Malang. Dengan maksud agar masyarakat bisa menyadari pentingnya pilkada bagi diri mereka sendiri dan juga proses demokrasi dan pembangunan di Kota berjuluk Kota Pendidikan ini.
“Dalam waktu dekat kami akan menggelar sosialisasi dengan turun langsung ke masyarakat, sehingga mereka tergugah bahwa pilkada sudah dekat dan sangat penting. Padahal kami sebenarnya berharap dari partai –partai dengan calon mereka sudah aktif bergerak, sehingga minimal bisa meningkatkan kesadaran pilkada di konstituen nya sendiri,” imbuh Ashari.
Terkait dengan jadwal penjaringan calon, Ashari mengatakan bahwa sekitar bulan Desember 2017 atau Januari 2017, KPUD sudah akan membuka pendaftaran bakal calon baik independen maupun dari partai.

Simak wawancara ekslusif Fokus Malang dengan KPUD di:



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »