Dukung UMKM Di Masa Pandemi, Facebook Luncurkan 'Facebook Shops'



Salah satu platform media sosial terbesar di muka bumi, Facebook membuat gebrakan di tengah pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia. Perusahaan dengan warna khas biru tersebut meluncurkan fitur terbaru untuk membantu bisnis kecil bernama ‘Facebook Shops’.
Dalam launchingnya, pada Rabu dini hari (waktu Indonesia) CEO Facebook Mark Zuckerberg menjelaskan bahwa saat ini kondisi ekonomi dunia yang banyak ditopang bisnis kecil dan rumahan (UMKM) menjadi perhatian khusus perusahaannya. Menurutnya sektor UMKM lah yang paling banyak mendapatkan imbas dari pandemi Covid-19.
Hal tersebut, yang mendasari Tim Facebook akhirnya membuat layanan baru yang diperuntukkan bagi UMKM bernama Facebook Shops.
“Pandemi yang tidak kunjung berakhir, menjadi pukulan berat bagi rekan – rekan pelaku usaha kecil. Sehingga kami harus segera mengambil langkah, agar rekan – rekan tetap bisa berbisnis dalam situasi saat ini, yaitu dengan Facebook Shops,” kata Mark dalam rilis secara online di Facebook, Rabu 20 Mei 2020.
Menurut Mark, Facebook Shops akan sangat berbeda dengan Facebook Marketplace yang sudah lebih dahulu diluncurkan. Bila Marketplace hanya menghimpun barang dagangan dari individu, maka Facebook Shops, bisa dibilang merupakan toko virtual dalam bentuk landing page.
Nantinya, pengguna Facebook Shops, akan bisa mendisplay barang, mengatur pengiriman, stok, hingga menerima pembayaran dari satu platform. Istimewanya, Facebook Shops yang rencana bisa diakses melalui Fan Pages ini, juga akan langsung terintegrasi dengan halaman Instagram, serta WhatsApp.
Diharapkan semua pengguna media sosial di bawah Facebook akan bisa bertransaksi dan berbelanja dari satu platform yaitu Facebook Shops.

Facebook Shops sendiri memang sudah diluncurkan di Amerika Serikat. Hanya dari pantauan penulis, Indonesia masih belum mendapatkan aksesnya. Dari keterangan Mark Zuckerberg, dalam waktu dekat semua pengguna Facebook dan Instagram di seluruh dunia akan segera bisa memanfaatkan Facebook Shops.
“Kami berharap, mereka – mereka yang punya bisnis kecil, dan selama ini tidakbisa berjualan secara offline karena terkena  pandemi, sekarang bisa mulai bangkit dan kembali mendapatkan transaksi bersama Facebook Shops,” pungkas Mark.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »