Ini dia Alasan Kenapa Harga Buah di Jepang Lebih Mahal

 Fokusmalang.com-Jepang memiliki buah dengan kualitas yang sangat baik. Kualitas inilah yang membuat harga buah di Jepang lebih mahal. Seperti inilah penjelasannya.

Buah merupakan bahan makanan yang menjadi sumber vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsi buah dengan rutin dinilai dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Buah-buahan memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing yang bisa dikonsumsi sesuai yang dibutuhkan. Indonesia, sebagai negara tropis, memiliki jenis buah yang sangat bervariasi, mudah didapat dan harganya pun relatif murah.

Tetapi di Jepang, masyarakatnya harus merogoh kocek lebih dalam kalau mau menikmati buah. Hal ini karena harga buah di Jepang cenderung mahal. Ternyata ada alasan mengapa Jepang menjual buah dengan harga yang lumayan tinggi.

Dilansir melalui Tsunagu Japan (18/1), banyak petani lokal yang termotivasi untuk menanam buah-buahan dengan mewah untuk mengangkat citra daerahnya. Tak jarang mereka akan hanya menanam satu buah pada sebidang tanah yang cukup luas.

Hal seperti ini dilakukan untuk menjaga kualitas buah yang ditanam secara ekslusif Kualitas ini yang kemudian membuat harga buah menjadi mahal karena kerja keras para petani lokal yang berusaha menanam buah dengan sangat baik.

Selain itu, beberapa buah juga bersifat musiman atau tidak bisa dipanen sepanjang tahun. Seperti semangka dan melon yang hanya bisa ditanam pada musim panas. Sedangkan Apel dan Strawberry menjadi buah yang akan dipanen pada musim dingin.

1. Anggur Muscat dan Ruby Roman

Prefektur Okayama dikenal sebagai daerah penghasil anggur yang lezat di Jepang. Anggur dari daerah ini bahkan disebut punya rasa semanis surga yang bisa meleleh ketika digigit.

Anggur asal jepang ini bahkan tidak memiliki biji dan memiliki tampilan fisik yang sangat sempurna. Untuk ukuran 1 kilogram anggur biasanya dijual seharga 10.000 yen atau sekitar Rp.1,3 Juta.

2. Semangka Jepang

Di Jepang, semangka ditanam oleh petani lokal dengan beragam bentuk dan ukuran yang membuatnya terlihat mewah. Salah satu yang paling terkenal adalah semangka Zentsuji yang dibudidayakan di kota Zentsuji, Kagawa.

Semangka ini berbentuk persegi dan dijual seharga 10.000 Yen atau setara dengan Rp.1.3 Juta. Semangka ini seringkali digunakan sebagai hadiah istimewa.

3. Strawberry Jepang

Strawberry asal jepang ini menjadi varietas strawberry yang begitu diunggulkan. salah satunya Strawberry Amao asal Fukuoka yang memiliki ukuran 4 - 5 kali lipat lebih besar dari jenis strawberry pada umumnya. Strawberry ini dijual seharga 1.000 yen atau Rp.133 ribu per kilogram.

Jenis strawberry ini terkenal lainnya datang dari Yamanashi, yaitu Hatsukoi no Kaori. Strawberry ini memiliki ciri fisik yang berbeda karena warnanya yang putih. Sama dengan Strawberry Amano, Hatsukoi no Kaori ini juga dijual seharga 1.000 Yen atau seharga Rp. 133 Ribu.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »