Miris! Inikah Bukti Arema FC Semakin Ditinggal Penonton?


FOKUSMALANG - Selama ini Arema FC dikenal sebagai klub dengan jumlah penonton yang cukup tinggi, khususnya kala bermain kandang. Militansi dari pendukung fanatik mereka Aremania, jadi salah satu faktor yang mendukung hal tersebut. Namun tampaknya hal tersebut tinggalah cerita masa lalu, dimana dalam Liga 1 musim ini, terungkap bahwa jumlah penonton laga kandang Arema ternyata merosot jauh, dibandingkan dengan musim – musim sebelumnya.
Hal tersebut terungkap dari rilis okupansi penonton yang dikeluarkan oleh PT Liga Indonesia Baru, selaku regulator Liga 1 2017. Dalam pengumumannya PT. LIB mencantumkan Arema berada di urutan ke 12 dari 18 peserta Liga 1, untuk jumlah penonton yang datang ke Stadion. Dalam catatanya PT LIB menghitung  selama 11 pekan Liga 1, rata – rata penonton Arema saat bermain kandangnya hanyalah 29,9%, jauh berbeda dengan klub peringkat pertama dalam daftar ini, yaitu PSM Makassar yang mencapai 87%.
Perhitungan okupansi dari PT LIB ini sendiri didasarkan pada jumlah tiket yang terjual dibandingkan dengan jumlah tiket yang dicetak oleh penyelenggara pertandingan.
Sehingga berdasar fakta ini, bisa dirata – rata jumlah penonton laga kandang Arema selama 11 pekan Liga 1ini berada di angka 7500 penonton, ini jika panita pertandingan rata – rata mencetak 25.000 tiket per pertandingannya.
Fakta ini menunjukkan jumlah penonton Arema yang terus menurun jika dibandingan tahun – tahun sebelumnya. Dilansir dari Indosport, pada penyelenggaraan Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016, okupansi Arema berada di peringkat ke sembilan dengan rataan 38,60 persen, hingga akhir musim.
Rupanya terobosan dari manajemen Arema, yang memindahkan laga ke Stadion Gajayana selama bulan Puasa tidak berjalan dengan mulus. Terbukti tingkat hunian penonton masih sangat rendah. Baru pada laga terakhir melawan Bali United yang menunjukkan kenaikan jumlah penonton. Tercatat pertandingan tersebut, disaksikan langsung di stadion oleh 11 ribu pasang mata.
Selain PSM yang ada di peringkat pertama dengan tingkat okupansi 87,7 persen, di peringkat kedua diikuti Persija Jakarta yang bersaing ketat dengan 87,6 persen. Yang sangat mengejutkan dari daftar ini adalah munculnya nama Persela Lamongan yang merangsek di peringkat ke tiga dengan tingkat hunian sebanyak 80,9 persen.

Sementara raksasa asal Bandung, Persib bercokol di peringkat ke empat dengan rataan jumlah penonton di angka 65,7 persen. Rupanya apa yang dialami Persib Bandung senasib dengan Arema FC, dimana prestasi berbanding lurus dengan jumlah penonton. Persib sendiri saat ini masih berkutat di peringkat 12 klasemen sementara, sedangkan Arema berada di peringkat ke tujuh. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »