Akhirnya, Polres Malang Kota Ungkap Tukang Tipu Mobil yang Meresahkan Warga


FOKUSMALANG - Kasus penipuan dan penggelapan 25 mobil yang dilakukan oleh dua orang tersangka yakni Deni Mardanu Eka Cahaya (33)  yang juga bergelar sarjana ekonomi warga Jl. Werkudoro, Kelurahan Polehan, Kecamatan Bimbing, dan Novian Jaya Kusmiadi  (32), warga Desa Dadaprejo, m Kecamatan Junrejo, Batu berhasil diungkap Polresta Malang.
Kanit Reskrim Polresta Malang AKP.Tatang Prajitno Panjaitan menjelaskan satu orang berpura-pura mendirikan jasa penyewaan mobil dan para tersangka mengiming-imingi para korban dengan keuntungan yang banyak sehingga mereka banyak yang tertarik memberikan mobilnya untuk disewakan kepada konsumen
"Nyatanya mobil tersebut sama tersangka di lempar lagi ke orang lain dan ini yang berhasil kita amankan masih ada enam mobil dari empat pelapor yang juga merupakan warga Malang. Setiap mobil oleh tersangka akan disewakan sebesar Rp 200 ribu, keuntungan untuk korban sebesar Rp 150 ribu dan tersangka sebesar Rp 50 ribu" ujar Tatang.
"Tersangka sendiri mendapatkan keuntungan dari hasil mengadaikan semua mobil sekitar Rp 850 juta. Dan diperkirakan, kendaraan lainnya masih kita cari, rata-rata GPSnya juga sudah mati" imbuh Tatang, seperti dikutip dari MalangTimes.
 
Ia melanjutkan, terkait mobil yang didapat tersangka, dari pengakuan mereka, mobil itu tidak dijual namun digadaikan kepada penadah dengan kisaran Rp 25 juta sampai Rp 30 juta. Aksi ini sendiri sudah dimulai dari Juli lalu.

"Rata-rata yang kita temukan masih ada pada tersangaka, sebagian pada penadah dan yang lainnya ditemukan di jalan dekat Stasiun Blimbing. Tersangka sendiri ditangkap langsung di kediamannya di Blimbing," bebernya.
Karena perbuatannya tersangka Deni Mardanu Eka Cahaya terancam dengan pasal 372 dan atau 378 terkait penipuan dan penggelapan yang terancam dengan hukuman depalapan tahun penjara.
Sementara itu, untuk Novian Jaya Kusmiadi terancam pasal 480 tentang penadahan dengan hukuman penjara selama empat tahun.
Untuk selanjutnya kasus ini sendiri juga masih dalam pengembangan lebih lanjut, Dan berikut ini merupakan data plat nomor polisi kendraan yang berhasil diamankan, 
Daihatsu Xenia N1237GQ,  Nissan Grandlivina E1385LC, Xenia N1769XE, Daihatsu Luxio B 1508SZG, Toyota Kijang Innova N593BA, Toyota Avanza N1380BN

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »