Membangun Daya Saing UMKM: Kelompok KKN UNMER Bantu UMKM RW 05 dan 06 Bakalankrajan

 



Malang, 5 Maret 2024 - Kelompok 03 KKN UNMER Bakalan Krajan yang terdiri dari mahasiswa berbagai fakultas telah berhasil melaksanakan program pemberdayaan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di RW 05 dan 06 Bakalankrajan, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Program ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan ekonomi lokal dan daya saing UMKM di era digitalisasi.


Pentingnya peran UMKM dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia telah diakui oleh banyak pihak. Di Bakalankrajan, UMKM memiliki peran strategis, namun sebagian masih belum optimal dalam memanfaatkan potensi yang ada. Untuk mengatasi hal ini, kelompok KKN UNMER memberikan dukungan dengan kegiatan pendataan hingga pengenalan E-Commerce dan pendaftaran sertifikasi halal kepada para UMKM di RW 05 dan 06.


Dalam implementasi programnya, kelompok KKN UNMER melakukan beberapa tahapan utama. Mulai dari survey dengan kunjungan ke RW 05 dan 06 Bakalankrajan untuk diskusi mengenai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dan memberikan solusi. Hasilnya, masyarakat menyambut positif usulan pemberdayaan UMKM. Kemudian merencanakan kegiatan berdasarkan hasil survey. Berikutnya, tim melakukan pendataan melalui google form yang disebar di masing-masing RT, dilanjutkan dengan kunjungan langsung ke UMKM untuk memastikan data akurat.


Data UMKM di RW 05 dan RW 06 Bakalan Krajan memberikan gambaran yang cukup komprehensif tentang kondisi bisnis mikro di wilayah tersebut. Dengan total 81 UMKM yang telah diidentifikasi, mayoritas dari mereka telah berjalan lebih dari 5 tahun, menunjukkan ketahanan bisnis yang baik. Dominasi bisnis di bidang makanan, kerajinan, dan minuman mencerminkan keberagaman dalam penawaran produk dan jasa.


Adanya kekurangan promosi di platform digital menawarkan peluang untuk meningkatkan visibilitas UMKM dan menjangkau lebih banyak pelanggan. Untuk mendukung adanya peluang ini, Tim KKN memberikan pengenalan E-Commerce kepada UMKM, termasuk membantu pendaftaran di platform seperti Grabfood dan Go-food; membantu UMKM yang membutuhkan untuk pembuatan video profile sebagai media untuk meningkatkan promosi produk mereka; serta mengadakan kegiatan sertifikasi halal bekerja sama dengan kelompok KKN lainnya di Balai RW 01 Bakalankrajan serta dukungan Tim Halal Center Cendekia Muslim.


Melalui kegiatan ini, diharapkan UMKM di RW 05 dan 06 Bakalankrajan dapat meningkatkan daya saingnya. Dengan teroptimalkannya penggunaan teknologi dan sertifikasi halal, diharapkan UMKM lokal dapat terus berkembang, dan meningkatkan taraf hidup masyarakat di kelurahan Bakalankrajan. Program ini merupakan langkah nyata dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan pemberdayaan UMKM di era digital.


Tentang Penulis:

Artikel ini disusun oleh tim dari Kelompok 03 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Merdeka Malang (UNMER) di Kelurahan Bakalan Krajan, dengan dukungan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang (LPPM UNMER). Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kami untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat di bidang pengabdian. Kelompok KKN ini terdiri dari 27 mahasiswa dari jurusan Hukum, Akuntansi, Sistem Informasi dan Manajemen yang mendapat bimbingan dari Dosen jurusan Administrasi Publik UNMER, Sajida, S.I.P., MPA. Kerjasama ini dilakukan dengan RW 05 dan RW 06 Kelurahan Bakalan Krajan Kecamatan Sukun Kota Malang sebagai mitra lokasi KKN.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »